CSIS: Agus Sulit Menang, Kami Sarankan Dia Dibekali Mental Agar Tak Frustrasi



Pustakanews.com - Koalisi Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN telah sepakat akan mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Bagaimana kans atau peluang pasangan Agus-Sylvia bisa menang menghadapi pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017?

Peneliti Senior Center of Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi menilai sangat sulit putera Sulung Ketua Umum Demokrat yang juga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menahlukan Ahok merebut kursi DKI 1.

"Untuk menjadi pemenang Agus, berdasarkan kajian dan survei, sangat sulit untuk menang," ujar Kristiadi ketika dihubungi Tribunnews.com.

Oleh sebab itu dia menyarankan Agus harus dibekali mental agar tidak fruatrasi.

Selain itu SBY harus selalu meyakinkan Agus bahwa Medan politik sama dengan medan peperangan.

Menurutnya, niliai itu harus merasuk dalam jiwa raga Agus. Sehingga dalam berpolitik tidak ada istilah kalah.

"Yang ada belum menang. Ibaratnya kalau Agus belum bisa menang pada hal dia sudah uzur. Agus pun harus yakin bahwa perjuangan akan diteruskan anak keturunannya. Hanya dengan cara itu Agus bisa tahan menjadi politikus sekaligus negarawan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku sedih Agus Harimurti Yudhoyono dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh partainya.

Dengan pencalonan itu, maka karier Agus di TNI tamat. Padahal, menurut Ruhut, Ketua Umum Partai Demokrat yang juga ayah Agus, Susilo Bambang Yudhoyono, mempunyai cita-cita melihat putranya menyandang gelar jenderal bintang empat.

Namun, menurut Ruhut, SBY akhirnya terpengaruh orang-orang di Partai Demokrat yang mendorong Agus untuk menjadi cagub DKI. (Tribunnews.com)


Loading...
loading...