40% Cowok Mulai Botak di Usia 21 Tahun, ini penyebab dan Cara Mencegahnya



Banyak hal yang bakal kita pikirkan ketika kita mulai beranjak semakin dewasa, atau bisa dibilang ketika kita mulai menua. Dan salah satunya adalah rambut tebalmu yang kamu punya sekarang, bisa jadi salah satu hal yang perlu dikhawatirkan. Seiring dengan bertambahnya usia, rambut berkurang itu sudah biasa dan terjadi secara alamiah.

Namun ada fakta mengejutkan bahwa saat ini kalau cowok yang masih masuk dalam usia muda juga mengalami hal tersebut. Seperti yang di lansir dari rogaine.com, Minggu (30/10) bahwa 40% hingga 60% cowok saat ini sudah mengalami kebotakan dan dimulai pada usia 21 tahun Waduh! Oh No!


Dalam hishairclinic.com, dalam setahun tercatat lebih 800.000 cowok mencari klinik yang bisa mengembalikan rambutnya dari kebotakan. Wah angka yang lumayan besar ya! Lalu, apa sebenarnya penyebab dari kebotakan dini? Penyebabnya bervariasi, misalnya:

Male pattern baldness (MPB) atau kebotakan pada pria ini memang saat ini dialami oleh cowok di usia 21 tahun, dan hal ini dikaitkan dengan adanya stress dan krisis di masa muda. Selain itu juga, cowok yang kurang memperhatikan perawatan rambut dan kulit kepala yang sering berminyak juga jadi faktor berkurangnya rambut di kepala.

Faktor hormon dan usia yang juga menjadi penyebab kebotakan lho. Setiap rambut yang ada di kepala kita mengalami siklus produksi rambut, mulai dari yang bulu-bulu halus di kepala, rambut pendek, dan rambut alami yang tumbuh dan bisa memanjang. Nah kalau ada hormon yang terganggu, maka rambut alami yang kelihatan biasanya akan batal tumbuh.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi, yaitu dengan:

1. Pastikan kamu nggak kurang zat besi.
2. Rileks dan hindari stres.
3. Jangan menyisir rambut dengan keras.
4. Pilih produk perawatan rambut sesuai dengan kondisi rambutmu.

Sumber: brilio

Subscribe to receive free email updates: