Heboh! Gara-gara Postingan Ini Mario Teguh Dituding Tukang Jiplak Kalimat Motivasi


Sebuah postingan di Instagram membuat heboh netizen. Pasalnya postingan tersebut mengunggah kata-kata motivasi dari Mario Teguh. Sementara itu, disampingnya terlihat dalam bahasa luar Indonesia karya tokoh dunia, pada Jum’at (21/10/2016).



Akun Instagram artis penggosip @lambe_turah mengunggah sebuah foto di akun instagramnya yang membuat netizen heboh. Pada postingannya tersebut, terlihat kumpulan kata-kata motivasi dari Mario Teguh sementara itu pada bagian sampingnya terlihat kata-kata motivasi dalam bentuk bahasa Inggris karya dari tokoh dunia. Walaupun bahasanya berbeda, namun makna arti dari kalimat tersebut hampir serupa.

“Membuat rencana adalah mudah membuat rencana yang baik tak semudah itu. Tapi yang paling sulit adalah melaksanakan rencana yang sederhana dengan baik – Mario Teguh.”

Dibandingkan dengan kata-kata motivasi berikut ini:

“It is easy to make plans but difficult to carry rhem out – Keiichi Tsuchiya.”

Selanjutnya kata-kata mutiara berikut ini:

“Selalu ada solusi bagi setiap masalah. hanya sebagian memang belum kita temukan – Mario Teguh.”

Dibandingkan dengan:

“Every Problem has a solution. You just have to be creative ebough to find it – Travis Kalanick, co-founder of Uber.”

Kalimat satu dengan yang lainnya memang tidak mempunayi kemiripan yang sempurna. AKan tetapi terdapat sedikit kemiripan dan ada perubahan. “No Caption aja deh,” tulis akun @lambe_turah atas keterangan foto yang ia posting.

Secara tidak sengaja postingan @lambe_turah tersebut mendapatkan banyak reaksi dari para netizen. Tidak sedikit netizen yang menganggap bahwa Mario Teguh telah melakukan pejiplakan atau plagiat.


Selain memberikan sindiran, tidak sedikit juga netizen yang memberikan komentar positif terhadap postingan @lambe_turah tersebut. Simak beberapa komentar dari netizen berikut.

“Wkwkw ngaku-ngakuin milik orang,milik sendiri tidak di akuin #paksadern,” tulis pemilik akun @el_frida_manik.

“Juta positiv thingking aja, kali aja si bule itu ngikutin kata-kata morivasi dari pak Mario Teguh,” imbuh pemilik akun @orlandojefri.

“Dasar plagiat!,” tulis pemilik akun @frina.ap.

“udah lamau aku lihat sebelum kasus dengan anaknyan ada yang membagikan kalau Mario Teguh ini ngejiplak kata-kata motivasi dari orang luar,” imbuh pemilik akun @ikadamaianti.

“lagi-lagi copy-paste mulu nih bapak, apa mungking karena banyak mengkonsumsi sarden kali ya….,” tulis pemilik akun @deddy_karyanto.

“Haha cari dui smpe sgitunya pak mayio,” imbuh pemilik akun @rans_sportriifka.

“Pada gak mengerti plagiat bala sarden mah. Malah sok-sok gegayaan pada bijak kalimatnya ngikutin junjungannya (positif thingking saja blablablabla),” tulis pemilik akun @tessabc11.

Beragam komentar yang ditulis oleh para netizen. Ada yang memberikan komentar negatif dan ada pula yang mencoba berfikir untuk positif thingking. Kita sebagai netizen, seharusnya tidak menjatuhkan seseorang bila tidak mengetahui atau belum mendapatkan hasil yang terjadi sebenarnya.

Subscribe to receive free email updates: