SUBHANALLAH, 6 Amalan ini Ternyata Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji. Mau Coba?


Semua umat muslim di dunia ini pasti selalu berkeinginan untuk bisa melaksanakan ibadah haji demi bisa menjalankan rukun islam yang kelima. Akan tetapi, banyak orang yang kesulitan ekonomi sehingga menjadi salah satu alasan mereka susah untuk menjalankan ibadah haji e tanah suci.



Namun tahukah kamu , walaupun kamu sudah berusaha untuk bisa beribadah ke tanah suci tapi belum juga terlaksana , jangan khawatir karena ada beberapa amalan yang ternyata pahalanya setara dengan berbidah haji. Seperti yang dilansir dari kabarmekkah.com, inilah dia diantaranya :

1. Melakukan shalat fardhu di masjid secara berjamaah


Salah satu amalan yang bisa kamu lakukan dimana pahalanya setara dengan manjalankan ibadah haji di tanah suci yakni dengan melakukan shalat fardhu di masjid secara berjamaah.

Rasulullah bersabda, “barang siapa yang berjalan mengarah shalat fardhu berjamaah, hingga dia serupa haji. dan juga benda siapa yang berjalan mengarah shalat sunat, hingga dia serupa umrah sunah. ” (hr ath thabrani)

2. Berbuat baik kepada orang tua


Berbuat baik kepada orangtua juga merupakan salah satu amalan yang pahalanya setara dengan melakukan ibadah haji di tanah suci.

Dari anas bin malik radhiyallahu ‘anhu, seseorang pria tiba kepada rasulullah dan juga mengatakan, “sesungguhnya saya mau sekali berjihad, namun saya tidak mempunyai keahlian buat itu. ” rasulullah setelah itu bertanya, “apakah masih terdapat yang hidup di antara kedua orang tuamu? ” lelaki itu menanggapi, “ibuku”, rasul setelah itu bersabda, “bertakwalah kepada allah dengan berbuat baik kepada ibumu. karena bila engkau melaksanakan itu, engkau merupakan jamaah haji, umrah dan juga mujahid (orang yang berjihad). ” (hr ath thabrani)

3. Mendatangi majelis ilmu di masjid


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “barang siapa yang berangkat ke masjid, dia tidak menginginkan perihal itu kecuali buat belajar kebaikan ataupun mengajarkannya. hingga dia menemukan pahala serupa pahala orang yang menunaikan ibadah haji, sempurna hajinya. ” (hr ath thabrani).

Maka dari itu, ketika orang yang berniat datang ke masjid untuk mencari ilmu ini , insyaallah akan mendapatkan pahala yang luarbiasa dari Allah STW. Bahkan pahalanya seperti telah menjalankan ibadah haji di tanah suci.

4. Menunaikan umroh di bulan ramadhan


Menunaikan ibadah umroh di bulan Ramadhan juga bisa menjadi salah satu amalan yang pahalanya seperti menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Dari ibnu abbas radhiyallahu ‘anhu, nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “melaksanakan umroh di bulan ramadhan itu (berpahala) serupa haji ataupun (serupa) haji bersamaku. ” (hr muttafaqun ‘alaih)

5. Duduk di masjid sehabis shalat subuh, berdzikir dan juga melakukan shalat isyraq


Dari anas bin malik radhiyallahu ‘anhu, rasulullah bersabda, “barang siapa shalat subuh berjamaah, setelah itu dia duduk (menunggu) sembari berdzikir sampai terbit matahari, kemudian dia melakukan shalat 2 rakaat, hingga menurutnya pahala haji dan juga umroh, sempurna, sempurna, sempurna. ” (hr tirmidzi).

Maka dari itu, mereka yang memilih untuk sholat di masjid , duduk di masjid dan berdzikir di masjid sehabis melakukan shalat subuh sampai matahari terbit dan juga melaksanakan shalat isyraq ini pahalanya sama dengan mereka yang menjalankan ibadah haji di tanah suci.

6. Berdzikir sehabis shalat wajib


Dan salah satu amalan yang pahalanya seperti orang yang telah menjalankan ibadah haji yakni mereka yang selalu berdzikir sehabis sholat wajib atau fardhu.

Dalam sesuatu waktu orang fakir dari kalangan muhajirin tiba kepada rasulullah dan juga mengatakan, “orang – orang kaya berangkat bawa derajat yang besar dan juga tempat yang bergelimang nikmat. ” nabi bertanya, “apa itu? ” mereka setelah itu mengatakan, “mereka shalat sama serupa kami shalat dan juga mereka berpuasa sama serupa kami berpuasa. cuma aja (kelainannya) mereka mempunyai kelebihan harta sampai – sampai mereka dapat menunaikan ibadah haji, umroh, berjihad dan juga bersedekah (dengan hartanya, sedangkan kami tidak dapat karna miskin).

Kemudian , Rasulullah SAW bersabda, “apakah kamu mau saya ajari suatu yang (bila kamu amalkan) kamu mampu mengungguli orang – orang yang mendahului kamu dan juga mengalahkan orang – orang sehabis generasi kamu? dan juga tidak terdapat seseorang juga yang lebih utama dari kamu, kecuali orang yang mengamalkan perihal yang sama serupa yang kamu amalkan? ”

Mereka lalu menjawab, “ya, wahai rasulullah. ” dia bersabda, “kalian bertasbih, bertahmid dan juga bertakbir tiap tuntas shalat (tiap – tiap) sebanyak 33 kali. ” (hr muttafaqun alaih).

Nah, itulah dia keenam amalan yang pahalanya sama seperti orang yang beribadah haji.


Loading...
loading...