25 Tempat Wisata Terbaik Tulungagung JaTim yang Wajib di Kunjungi



Tulungagung adalah salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahan Tulungagung berada di Kecamatan Tulungagung. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Tulungagung adalah nama salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini terdiri dari wilayah dataran rendah sampai dengan pegunungan. Oleh karena itu selain punya pantai-pantai yang sangat indah, Tulungagung juga punya pesona pemandangan pegunungan serta air terjun yang juga tidak kalah indah.

Tulungagung sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Tulungagung, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 25 daftar Tempat Wisata Terbaik di Tulungagung yang wajib dan anda kunjungi :

1. Gunung Budheg



Gunung Budheg atau biasa dikenal dengan nama Gunung Cikrak ini adalah salah satu gunung atau bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 585 mdpl dan terletak di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Gunung Budheg bisa menjadi lokasi atau tempat untuk latihan bagi para pendaki pemula untuk melakukan pemanasan. Jalur yang harus dilalui untuk sampai ke puncak Gunung Budheg adalah jalanan yang menanjak melewati semak berduri diselingi dengan merayap dipinggiran tebing yang cukup curam. Namun perjalanan melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang bisa kita dapatkan dari puncak Gunung Budheg seperti sunrise pada pagi hari maupun pemandangan hijau pepohonan yang ada disekitar Gunung Budheg. Selain itu jika kita menginap di puncak Gunung Budheg kita bisa melihat pemandangan kerlap kerlip lampu pada malam hari.

2. Pantai Popoh



Pantai Popoh merupakan salah satu pantai favorit di Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini berada di selatan kota berjarak sekitar 30 km yakni tepatnya di Kecamatan Besuki. Letaknya yang berada di kawasan teluk, membuat ombak di tepi pantai ini tidak begitu besar. Pemandangan alam pantainya sangat eksotis dimana akan terdapat tebing-tebing karang yang terjal di sekitar pantai. Selain bisa bersantai atau bermain air, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar kawasan teluk. Tempat wisata di Tulungagung ini merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.


3. Pantai Coro



Pantai Coro juga merupakan tempat wisata di Tulungagung yang menarik untuk dikunjungi. Pantai berpasir putih ini berlokasi di Kecamatan Besuki. Keunggulan pantai ini adalah letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kabupaten. Memang pantai ini tak terlalu luas tetapi keindahan pantainya tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi Pantai Coro Anda bisa menuju ke Pantai Popoh kemudian menuju ke arah Reco Sewu, setelah parkir kendaraan di Reco Sewu, dilanjutkan denagn berjalan kaki beberapa kilometer.

4. Pantai Sine



Berjarak sekitar 35 kilometer di sebelah selatan Kota Tulungagung, Pantai Sine merupakan sebuah pantai berpasir putih kecoklatan dengan ombak yang terbilang cukup besar. Objek wisata di Tulungagung ini berlokasi di Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Selain bisa bermain air dan menikmati pesona alam pantainya, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan setempat yang akan berangkat ke laut. Pantai Sine Tulungagung ini juga dikenal dengan nama Pantai Matahari Terbit.

5. Pantai Molang



Pantai indah di Tulungagung yang satu ini berada di Kecamatan Pucanglaban. Lokasinya cukup strategis karena berada di perbatasan antara Blitar dan Tulungagung. Deburan ombaknya yang menawan ditambah dengan warna pasir putih menggoda akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Akses jalan menuju ke pantai Molang ini cukup mudah. Sesampainya di Pucanglaban, Anda akan banyak menjumpai papan petunjuk yang mengantar Anda ke Pantai Molang.

6. Pantai Lumbung



Setelah puas menikmati Pantai Molang anda bisa melanjutkan perjalanan anda menuju ke Pantai Lumbung yang masih berada di Kecamatan Pucanglabang dan berada tidak jauh dari Pantai Molang. Menurut informasi pantai molang ini hanya dikenal oleh warga sekitar dan kalangan memancing dan untuk turun ke lokasi juga sangat berbahaya. Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Tulungagung. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Molang, sehingga untuk menuju ke Pantai ini anda cukup mengikuti jalur ke Pantai Molang kemudian setibanya di kawasan pabrik atau tambak udang, Anda bisa bertanya ke warga sekitar untuk jalur ke Pantai Lumbung.

7. Pantai Pathok Gebang



Dari beberapa pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Pantai Pathok Gebang dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan Anda. Tetapi pantai ini khusus bagi pencinta petualangan. Hal ini karena untuk menuju ke lokasi Pantai Pathok Gebang ini lumayan sulit karena pengunjung harus menaiki bukit dan menyusuri hutan yang masih alami sekitar 30 - 40 menit dengan cara berjalan kaki. Pantai ini mempunyai ciri khas berupa tebing atau karang yang cukup besar dengan deburan airnya yang cukup tinggi bila diterjang ombak.

8. Pantai Klatak



Nah, bagi Anda yang lebih senang dengan pantai yang memiliki pasir gelap, Pantai Klatak bisa menjadi pilihan bagus. Obyek wisata pantai di Tulungagung ini beralamat di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Di pantai ini, Anda akan menyaksikan batu-batu kali yang menghiasi sekeliling pantai Klatak. Bila Anda berangkat dari Kota Tulungagung menggunakan kendaraan bermotor waktu tempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam untuk bisa sampai di lokasi pantai ini. Kegiatan favorit di kawasan wisata pantai ini adalah berenang, memancing dan bersantai.

9. Pantai Sanggar



Pantai Sanggar memiliki pesona yang membuat kita terasa nyaman berada di sana. Dengan pasir putih serta air lautnya yang terlihat sangat bersih, panti ini menjadi salah satu pantai paling cantik di Tulungagung. Meski memang, untuk bisa sampai ke pantai ini membutuhkan sedikit perjuangan karna lokasinya yang tidak cukup mudah diakses. Pantai Sanggar berada di desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung. Tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini sehingga kita bisa merasakan suasana yang benar-benar natural. Untuk yang gemar menjelajah, Pantai Sanggar bisa menjadi tujuan yang sangat pas untuk melaksanakan hobby tersebut

10. Pantai Ngalur



Pantai Ngalur adalah tetangga dekat dari Pantai Sanggar sehingga keduanya memiliki suasana dan pemandangan yang tidak jauh berbeda. Kedua pantai ini sama-sama berada di desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung. Pasir putih serta air laut yang masih sangat bersih akan menyambut kedatangan kita di Pantai Ngalur dan juga Sanggar. Pantai Ngalur dan Sanggar ini akan sangat tepat untuk dijadikan lokasi camping karna suasananya yang masih cukup natural

11. Pantai Brumbun



Pantai Brumbun merupakan sebuah pantai berpasir abu-abu cenderung hitam yang berada di desa Ngrejo, kecamatan Tanggunggunung. Sepintas, pantai ini memang biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Namun, bukan berarti pantai ini tak menarik untuk dikunjungi. Area yang ada di Pantai Brumbun ini cukup luas dan merupakan tempat yang asik untuk bermain. Ombak di pantai juga cukup kalem sehingga kita bisa bermain di sana dengan lebih leluasa. Dari pusat kota Tulungagung pantai ini berjarak sekitar 22.5 km dan harus melewati medan yang cukup sulit

12. Pantai Kedung Tumpang



Inilah pantai yang sedang banyak dibicarakan: Kedung Tumpang. Kecantikan pantai ini bukan terletak pada pasir putihnya yang menawan. Malahan, di pantai ini kita tidak akan menjumpai pasir sama sekali. Pantai Kedung Tumpang merupakan pantai tebing karang. Yang membuat pantai ini menarik adalah banyaknya lubang-lubang alami pada karang yang membentuk laguna yang benar-benar cantik. Air di laguna-laguna tersebut terlihat begitu biru dan jernih sehingga siapapun yang datang ke pantai ini pasti tak tahan untuk segera berenang di dalamnya

13. Pantai Sidem



Pantai Sidem merupakan salah satu pantai yang berada di Tulungagung, atau lebih tepatnya merupakan salah satu pantai di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Keberadaan Pantai ini sungguh menawan dengan suguhan keindahan hamparan alam yang menarik. Begitu mempesona dan penuh kalimat tanya di benak kita ketika kita melihat jajaran pemandangan alam yang indah. Ada aneka macam spot yang bisa anda nikmati sembari anda meneruskan perjalanan ke Pantai Sidem.

14. Goa Gembyang



Goa Gembyang Goa Gembyang terletak di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Tepat di pinggir jalan menuju Rumah Sakit Kusta Sumber Glagah. Goa Gembyang ini dipercaya sebagai tempat pertapaan Raden Wijaya sebelum menjadi raja majapahit. Goa Gembyang merupakan goa alam yang ditemukan di sisi timur sebuah bukit. Lingkungan sekitarnya asri dan teduh. Mulut dan bagian dalam goa cukup lebar dan luas. Kesan Mistis makin terasa saat masuk goa yang gelap. Ada bau kemenyan dan dupa sesekali lewat di depan indera penciuma. Di tengah ada lembaran kain putih semacam tirai penutup. Disitu tersembunyi semacam petilasan, tempat penganut kepercayaan tertentu melakukan ritual. Di pojok kanan goa, ada ceruk tambahan yang disebut Goa Putri. Sedang di sebelah kiri ada goa kecil yang disebut Goa Maling. Konon, Goa Maling ini tembus sampai di Sumur Upas, Trowulan Mojokerto.

15. Goa Selomangleng



Goa Selomangleng Goa Selomangleng ada dua. Di Kediri dan Tulungagung. Konon Goa Selomangleng di Kediri sudah ada sejak jaman Airlangga. Sedang Goa Selomangleng Tulungagung dibangun jaman Majapahit. Goa Selomangleng terletak di Desa Sanggrahan. Letaknya cukup terpencil dan berada disekitar tebing Gunung Walikukun. Dibuat dengan memahat sebuah batu besar sehingga terbentuk ceruk horizontal. Selo artinya batu. Mangleng berarti miring. Di Goa Selomangleng terdapat dua ceruk. Ceruk utama menghadap ke Barat. Ceruk lainnya menghadap ke Selatan. Di dinding ceruk utama terpahat relief Arjunawiwaha.

16. Goa Pasir



Wisata di  Goa di Tulungagung yang paling terkenal yaitu Goa Pasir di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Goa pasir ini berbeda dengan goa pada umunya. Jika anda berfikir ini goa yang terdapat banyak pasirnya, bukan itu. Gua pasir ini terbentuk dari Lubang Ceruk Besar yang di pahat di lereng batu besar yang terletak di tengah hutan. Jika pengunjung ingin menemukan goa pasir harus mendaki dulu sekitar 90 m dia atas permukaan bukit karst. Gua pasir sudah lama terkenal di Tulungagung dan biasanya dikunjungi para muda muda mudi. Di sekitar lokasi Goa Pasir terdapat makam kuno, warga sekitar menyebutnya dengan makam Mbah Bodho. Di sekitar makamnya terdapat peninggalan batuan kuno seperti Arca, Umpak, Miniatur Bangunan, Padma dan batu-batuan kuno yang bentuknya tidak teratur karena selain tidak pernah dirawat juga termakan oleh cuaca.

17. Goa Tan Tek Sue



Goa ini biasanya banyak dikunjungi umat Khonghucu pada tiap hari besar agama Khonghucu. Bagi para pelancong rasanya belum lengkap kalau belum menikmati buah Durian yang banyak tumbah di daerah ini. Durian dari daerah ini dikenal dengan nama 'Durian Bajul'. Setelah lelah menikmati berbagai obyek, para pelancong dapat istirahat di penginapan Argo Wilis 'Genceng'. Udaranya yang sejuk dan pemandangan disekitar yang indah, membuat siapapun akan betah berlama-lama di penginapan tersebut.

18. Air Terjun Pandanwangi



Wisata di Tulungagung yang tidak kalah menarik dengan yang lainnya yaitu Air Terjun Pandanwangi. Air terjun ini merupakan salah satu wisata di Tulungagung yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam. Lokasi Air Terjun Pandanwangi dengan ketinggian air terjun sekitar 30 m, berada satu wilayah dengan Perkebunan Teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang, dengan akses yang cukup menantang. Dengan berjalan kaki air terjun ini dapat di tempuh sekitar kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan tergantung seberapa cepat anda berjalan. Air Terjun Pandanwangi sangat cocok untuk dikunjungi karena pemandangan air terjun yang indah dan sangat sejuk iklimnya. Jika anda ingin menginap disana pastikan anda membawa perlengkapan yang cukup juga membawa P3K.

19. Air Terjun Lawean



Air terjun ini cukup populer di Tulungagung. Meskipun memiliki tinggi tidak lebih dari 100 meter, tapi keindahan air terjun ini sangat luar biasa. Apalagi perjalanan untuk mencapai air terjun ini memacu adrenalin. Anda akan melalui areal perbukitan dengan menyeberangi 9 sungai. Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan kemampuan fisik dan jangan lupa membawa bekal. Lokasi Air Terjun Lawean berjarak sekitar 25 kilometer di sisi barat daya kota Tulungagung. Obyek wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang suka tantangan dan gemar berpetualang.

20. Candi Dadi



Candi dadi  merupakan salah salah satu objek wisata budaya yang bisa Anda temukan di daerah Tulungagung. Di candi tersebut, Anda bisa melihat sisa-sisa bangunan kuno sehingga sangat tepat bagi yang suka sejarah. Candi dadi adalah candi tunggal yang bangunannya dibuat dari bahan batuan andesit yang terdiri dari batur dan kaki candi.


21. Candi Penampihan



Candi ini berada ditengah areal Perkebunan Teh, jarak dari Ibu kota Kecamatan Sendang sekitar 8 km. Secara administratif situs Candi Penampehan masuk dalam wilayah Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. Areal Perkebunan Teh ini berada dilereng Tenggara Gunung Wilis. Situs ini merupakan sebuah candi berundak teras yang membujur barat - timur. Pada teras pertama, yakni bagian paling bawah terdapat bangunan semacam altar yang disusun dari batuan andesit berdenah lonjong dengan ukuran panjang 5 m, lebar 2,5 m dan tinggi 1,5 m.Dibagian atas altar berbentuk lojong itu terdapat sebuah prasasti bahan dari batuan andesit berbentuk persegi dengan anka tahun 820 Ç . 

22. Candi Boyolangu



Candi Boyolangu berada di tengah pemukiman penduduk di wilayah Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung. Bangunan induk perwara terdiri dari dua teras berundak yang hanya tinggal bagian kakinya. Bentuk bangunan berdenah bujur sangkar dengan panjang dan lkebar 11,40 m dengan sisa ketinggian kurang lebih 2,30 m. Di dalam bangunan terdapat sebuah arca wanita budha dan beberapa umpak berukuran besar. Oleh para ahli arca ini dikenal dengan nama Gayatri.

23. Tebing Banyu Mulok 



Tentu sudah tak asing lagi kan bagi kalian yang suka nge-trip?? Tebing Banyu Mulok terdapat tepat di atas tebing samping kiri Pantai Coro, Jadi tebing ini terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung juga. Untuk sampai kesana cukup mudah kok dan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja gaes. Apabila kalian sudah menemukan padang rumput yang tingginya mencapai 1 meter, maka itulah Banyu Muloknya. Sungguh indah pemandangan di tempat ini, sesampainya disana kita akan disambut dengan hamparan rumput yang menghijau dan tumbuh begitu tinggi, selain itu juga hamparan laut yang luas berwarna biru yang cerah. Deburan ombak yang mengenai tebing menambah indahnya pemandangan disana. Pokoknya gak bakal nyesel deh udah dating ketempat ini, malah kalian bakalan ketagihan pengen ketempat ini lagi. Hahaha :D 

24. Bukit Cemenung



Bukit Cemenung, Bukit ini terletak di Kecamatan Rejotangan perbatasan Kab. Tulungagung dengan Kabupaten Blitar. Menurut beberapa sumber bukit ini menyimpan bijih besi namun juga emas. Mungkin belum banyak yang tahu tempat ini, bangunan ini ada di bukit cemenung, Rejotangan. Ada yang bilang bekas-bekas bangunan ini sudah ada sejak jaman Belanda, dulunya milik pengusaha Belanda digunakan untuk tempat pembakaran gamping. Koreksinya ya jika admin salah 


25. Jambooland Waterpark 



Waterpark adalah salah satu wahana wisata yang sangat digemari berbagai kalangan, terutama untuk sarana rekreasi keluarga. Jambooland di design ulang dan rancang sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu wisata air terbaik di Tulungagung – Jawa Timur dengan menawarkan berbagai macam wahana permainan seperti: body slide/seluncur, kolam bak tumpah, kolam balita, kolam anak-anak.

Selain itu juga disediakan fasilitas penunjang untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet, Food Court, Musholla, Loker,dll. lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, Jambooland mematok harga tiket yang tidak memberatkan masyarakat. Hal ini ditujukan supaya semua kalangan bisa menikmati wisata air ini, khususnya masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Subscribe to receive free email updates: