4 Teknologi Canggih ini Sebenarnya Milik Apple, Tapi Akhirnya Digunakan Merek Lain



Apple telah dipandang oleh sebagian besar orang sebagai perusahaan teknologi yang maju dan penuh dengan inovasi. Banyak ide dari Apple yang berhasil menjadi tren hingga saat ini.

Sebagai contoh, USB Type C pertama kali hadir di Macbook. Bahkan teknologi WiFi yang sekarang sudah menjadi standar pada smartphone dan laptop, juga hasil dari kerja keras Apple yang pertama kali dihadirkan pada laptop iBook G3.

Lalu apa lagi ya inovasi sukses yang berhasil Apple buat? Berikut 4 teknologi canggih Apple yang akhirnya digunakan merek lain.

4 Teknologi Canggih Apple yang Akhirnya Digunakan Merek Lain

1. Capacitive Screen

Kebanyakan ponsel layar sentuh pada zaman dulu sebelum datangnya iPhone, pasti memiliki perangkat stylus dalam paket penjualannya. Hal tersebut karena kebanyakan ponsel zaman dulu baru memakai panel layar Resistif atau sulit untuk dioperasikan dengan jari tangan kamu. Tapi, setelah datangnya ponsel iPhone dengan panel layar Kapasitif maka semuanya menjadi berubah sampai dengan saat ini.

2. Virtual Assistant

Memang Apple bukanlah perusahaan pertama yang memperkenalkan Asisten Virtual, ada beberapa bentuk Asisten Virtual lain sebelum Siri datang di iPhone 4S pada tahun 2011. Misalnya, Microsoft yang menciptakan Clippy di kantornya dan Google Voice Search. Namun, semua teknologi tersebut hanya mampu melaksanakan hal yang umum seperti menelepon atau bermain musik saja.
Tapi setelah Apple meluncurkan Siri, teknologi ini seperti membuka jalan untuk inovasi yang lebih cerdas dan berguna. Karena Siri dapat memahami cara manusia berbicara secara alami seperti berbicara dengan sesama manusia. Menyusul Siri, di tahun ini Google telah menciptakan Google Assistant yang berhasil mengalahkan Siri dengan berbagai cara.

3. Fingerprint Scanner

Pemindai sidik jari pada iPhone bukanlah teknologi baru karena sudah diperkenalkan pertama kali oleh Motorola Atrix di tahun 2011. Sidik jari versi dulu mengharuskan kamu untuk menggesekkan jari pada scanner dan untuk melakukannya bukanlah hal mudah. Namun, setelah Apple mengembangkan dan memperkenalkan teknologi ini pada iPhone 5S di tahun 2013, maka kamu tidak perlu menggesekkan jari lagi.
Kamu cukup meletakkan jari pada sensor fingerprint di iPhone dan secara otomatis sensor akan mendeteksi sidik jari kamu. Teknologi tersebut pun masih digunakan hingga sekarang.

4. Mobile Payment

Pada tahun 2014, Apple menyematkan teknologi baru yang hadir untuk perangkat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, yaitu aplikasi Apple Pay. Apple Pay bukanlah aplikasi pembayaran mobile biasa karena aplikasi ini menggunakan mekanisme otentikasi sidik jari dan fitur NFC. Apple Pay juga telah menawarkan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik dari kartu debit dan kartu kredit untuk bertransaksi.
Itulah 4 inovasi dari Apple yang berhasil menjadi mainstream hingga saat ini.
JT.COM

Subscribe to receive free email updates: