Yuk Coba, 4 Tips Ampuh Lindungi Anak dari Kecanduan Main Gadget



Di zaman modern seperti ini, gadget sudah jadi kebutuhan sendiri. Dengan perkembangan teknologi yang terus maju dan berubah, penggunaan gadget makin tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Anak-anak pun bisa gampang akrab bermain dengan gadget tanpa kesulitan yang berarti.

Hanya saja jika anak-anak sudah kecanduan main gadget sejak dini, tumbuh kembangnya bisa kurang optimal ke depannya nanti. Apalagi jika waktu bermain gadget sudah menyita banyak waktu bermain dan belajarnya, maka orang tua harus bertindak lebih tegas. Ada banyak cara untuk melindungi anak dari dari kecanduan main gadget, empat di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jadilah Panutan Langsung

Orang tua perlu jadi panutan langsung dalam penggunaan gadget sehari-hari. Saat sedang berinteraksi atau bermain dengan anak-anak, jangan sibuk sendiri main gadget. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, anak-anak memerlukan orang yang secara fisik, emosi, dan mental ada untuk mereka. Sehingga dengan cara itu, ikatan anak dan orang tua yang kuat bisa terbentuk.

2. Buat Zona atau Waktu Bebas Ponsel

Buat aturan di mana pada saat tertentu tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Bisa waktu saat makan bersama, ketika belajar dan mengerjakan PR, juga ketika sedang ada acara kumpul keluarga. Jadi dalam waktu-waktu tersebut, penggunaan gadget tidak diperbolehkan.

3. Buat Kegiatan yang Tak Melibatkan Gadget

Orang tua bisa membatasi penggunaan ponsel dan sebagai gantinya membuat kegiatan yang tak melibatkan gadget. Bisa dengan acara membaca buku bersama atau aktivitas bermain di luar ruangan. Saat malam hari khususnya, anak-anak perlu diberitahu untuk menon-aktifkan semua gadgetnya.

4. Bangun Kebiasaan Sehat Penggunaan Gadget

Di zaman modern seperti ini mustahil rasanya hidup tanpa gadget. Orang tua perlu mengarahkan dan membangun kebiasaan sehat soal penggunaan gadget. Mulai dari soal bermain game di gadget hingga menggunakannya untuk keperluan komunikasi. Sebagai orang tua, kita juga perlu selalu memonitor aktivitas anak menggunakan gadget.

Melindungi anak dari bahaya kecanduan gadget memang jadi tantangan tersendiri. Sebagai orang tua kita perlu mencoba cara terbaik untuk mengarahkan anak pada kebiasaan sehat yang lebih baik. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Bunda sekalian.

Sumber: vemale.com

Subscribe to receive free email updates: