Agus, Ahok, Anies, Siapa yang Gagal? Survei Resmi DKI Ini Memprediksinya



Pustakanews.com - Menurut survei lembaga Indonesia Network Election Survey pilkada Jakarta periode 2017-2022 akan berlangsung dua putaran. Jika itu terjadi, pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang akan lolos.

Direktur Eksekutif INES Andri Gunawan menjelaskan responden ditanya jika pilkada dilaksanakan hari ini, sebanyak 42,86 responden menyatakan memilih Anies-Sandiaga dan 28,80 persen memilih Ahok-Djarot.

Sementara pemilih Agus Yudhoyono-Sylviana Murni hanya 18,14 persen.

"Sebanyak 10,2 persen warga Jakarta yang belum memberikan pilihannya," katanya.

Menurut Andri masih terbuka peluang, pasangan Anies-Sandi mampu menang dalam satu putaran.

Mengenai Agus-Sylviana, kata Andri, kalaupun 10,2 persen tersebut memilih mereka, perolehan suara yang dikumpulkan tetap di bawah Ahok-Djarot.

"Karena dengan pasangan Ahok-Djarot terpaut sebesar 10,66 persen," kata Agus.

Survei diselenggarakan periode 2 Februari sampai 9 Februari 2017.

Jumlah responden sebanyak 2.557 orang yang tersebar secara proporsional dan terverifikasi secara akurat dari total warga Jakarta yang berjumlah 6.983.692 jiwa yang masuk daftar pemilih tetap di pilkada Jakarta

Survei ini tingkat kepercayaannya mencapai 98 persen dengan margin of error -/+ 2,3 persen dari jawaban responden yang bisa terverifikasi. Data jawaban responden yang berkualitas sebanyak 2.539 jawaban responden dari jumlah responden 2.557 warga DKI Jakarta yang dipilih. (suara)


Loading...
loading...